PA RANTAU IKUTI KEGIATAN RAKORDA PELAKSANAAN ANGGARAN DI BANJARMASIN

Kamis (18/10/2018) Dirjend Perbendaharaan (DJPB) Kanwil Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggaran dan kegiatan evaluasi pelaksanaan Anggaran  satker s/d triwulan III tahun 2018 wilayah Kalimantan selatan. Dalam kegiatan tersebut hadir para undangan yang memiliki Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran  (IKPA) di atas 96,5 termasuk salah satunya pengadilan Agama Rantau.

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Mentari Banjarmasin ini mengambil tema menjaga kredibilitas dan akuntabilitas APBN secara langsung dibuka oleh kepala Kantor DJPB kalsel Usdek Rahyono. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa Rakorda ini merupakan salah satu kegiatan sangat penting untuk monitoring dan evaluasi bagaimana pelaksanaan anggaran lingkup Kanwil DJPB Kalsel hingga Triwulan III dan bagaimana mewujudkan pelaksanaan anggaran yang baik sampai akhir tahun 2018. Di kesempatan ini pula DJPB Kanwil Kalsel menyerahkan apresiasi kepada para satker yang telah memiliki IKPA tertinggi sampai dengan triwulan III yang memiliki anggaran diatas 10 M dan dibawah 10 M. Beliau berharap kedepannya satker-satker yang lain juga termotivasi untuk terus meningkatkan kinerja nya tentunya dengan kualitas pelaksanaan yang baik yaitu efektifitas dan efesiensi pelaksanaan anggaran serta tetap berpedoman pada regulasi atau aturan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian IKPA triwulan III TA. 2018 oleh Kabid PPA I Arvi Risnawati. Beliau menjelaskan tentang bobot kinerja semua indikator kinerja yang harus dicapai oleh satuan kerja yaitu Penyerapan Anggaran yang tetap menjadi prioritas bobot 20% kemudian penyelesaian tagihan juga memiliki bobot 20%, Pengelolaan UP/TUP dan pendaftaran data kontrak memiliki bobot yang sama 10%. Adapun bobot yang lain sama  bernilai 5% yaitu Deviasi Hal.III DIPA, Revisi Anggaran, Perencanaan Kas, kesalahan SPM, ReturSP2D, Pagu Minus belanja Pegawai, Penyampaian LPJ Bendahara dan Dispensasi SPM. Dikesempatan tersebut beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh satker yang telah bekerja sama hingga IKPA wilayah Kalimantan selatan sampai triwulan III mencapai  94 untuk tingkat provinsi  Hal tersebut menjadi sebuah prestasi karena berada di tiga besar IKPA nasional. Beliau berharap semoga dapat ditingkatkan sampai akhir tahun 2018 dan juga berharap satker dapat mengevaluasi dalam rangka perbaikan kinerja pelaksanaan anggaran dengan berkoordinasi dengan KPPN atau Kanwil Ditjen Perbendaharaan provinsi Kalimantan Selatan. Acara terakhir dilanjutkan dengan Diseminasi KFR Triwulan II tahun 2018 oleh Kabid Pembina Pelaksanaan Anggaran II kemudian tanya jawab dan penutup.

Iskandar, SEI Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan PA Rantau yang hadir di acara tersebut mengaku banyak sekali mendapatkan pembelajaran setelah mengikuti kegiatan tersebut terlebih ketika mendapatkan penilaian kinerja satker  saat ini sudah dinilai sangat baik khususnya anggaran DIPA 04. Pengadilan Agama Rantau mendapatkan penilaian IKPA 98.99 untuk DIPA 04 dan 89 untuk DIPA 01. Oleh karena itu PA Rantau akan terus berkomitmen untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan  serta dan mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan guna mencapai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran yang maksimal hingga Tahun Anggaran 2018 berakhir.

 

Editor TIM TI PA Rantau.

Related Post

Leave a Reply